Picu Kreatifitas OPD, Taufan Gelar Lomba Inovasi

Satu lagi lompatan inovasi dilakukan Pemerintah Kota Parepare untuk merangsang akselerasi kreatifitas dan kinerja jajarannya. Lompatan itu dengan menggelar lomba inovasi daerah.

Lomba ini merupakan salah satu inovasi yang hadir dalam pemerintahan walikota Dr.H.M.Taufan Pawe, SH.MH, dan pertama kali ada di Sulawesi Selatan.

“Kalau setiap daerah ingin maju itu biasa, setiap daerah punya inovasi itu biasa, tapi daerah yang punya lompatan inovasi, itu hanya ada di Parepare,” papar Walikota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe dalam sambutannya saat membuka acara Laboratorium Inovasi Daerah, Senin, (10/07/2017) di Ruang Pola Kantor Walikota.

Taufan telah menyusun sejumlah program inovatif di era pemerintahannya dengan berbagai terobosan. Dalam masa kerjanya, ayah dari tiga anak ini telah menyusun program-program tersebut dalam setiap tahun pemerintahannya.

Tahun pertama disebut tahun kinerja, tahun kedua disebut tahun inovasi dan tahun ke tiga yang berlangsung tahun 2017 ini disebut tahun kompetisi. Lomba inovatif telah dilakukan sejak tahun lalu. Setiap SKPD diwajibakan mengikuti lomba inovasi dan inovasi terbaik diberi penghargaan senilai 10 Juta rupiah.

Pada tahun kompetisi ini, Pemerintah Kota Parepare melalui Bappeda Kota Parepare, kembali menggelar lomba inovasi dengan model klik4d yang telah dirancang dengan sangat “apik”. Lomba inovasi kali ini telah dilengkapi dengan tahapan laboratorium inovasi yang terdiri atas tahapan drum up yaitu tahapan untuk menginspirasi dan mengembangkan semangat berinovasi SKPD,  tahapan diagnose yaitu tahapan menemukan gagasan, lalu tahapan design yaitu tahapan tentang penyusunan rencana aksi inovasi, tahapan deliver yaitu tahapan pelaksanaan inovasi dan tahapan terakhir adalah tahapan display yaitu tahap penentu pemenang.

Pelaksanaan Laboratorium Inovasi berlangsung selama dua hari, (10 s/d 11 Juli 2017), yang diikuti oleh seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare. Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Parepare, Dr. H. M Taufan Pawe, SH. MH, dan diisi oleh penyaji materi dari Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II Lembaga Administrasi Negara (PKP2A II LAN)

mx346k91

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts