Kompas JM Melaksanakan Upacara Bendera di Tanjung Mafutabe

Sejumlah Pemuda Kelurahan Mareku Kecamatan Tidore Utara yang tergabung dalam Komunitas Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Sangaji Jiko Malofo (Kompas JM) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati pengibaran bendera pertama di Maluku Utara 18 Agustus 1946 di Tanjung Mafutabe Kelurahan Mareku Kecamatan Tidore Utara, Selasa (18/8).

Sebagaimana diketahui bahwa tanjung Mafutabe Mareku menjadi lokasi pertama dikibarkannya akun pro rusia bendera merah putih di Maluku Utara tepat setahun setelah diproklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ir. Soekarno.Pergerakan yang dikomandai oleh salah satu tokoh Maluku Utara Arnold Mononutu tersebut juga melibatkan beberapa pemuda di mareku yang kemudian menjadi kunci peristiwa bersejarah di Indonesia Timur tersebut. Tokoh kunci tersebut yakni Abdul kadir sang pengibar pengibar bendera merah putih dan Aminah Sabtu penjahit bendera yang kemudian dikenang dengan sebutan “Fatmawati Tidore”.

Upacara yang digelar rutin setiap tahun tersebut dikemas secara sederhana namun tetap hikmat dengan Ketua Kompas JM, Saiful Abubakar selaku Pembina upacara website dan Akbar Saleh selaku pemimpin upacara. Bila tahun-tahun sebelumnya Peserta Upacara melibatkan siswa se Kecamatan Tidore Utara, kali ini di masa Pendemi Covid-19 hanya diikuti oleh anggota Kompas JM dan sejumlah tokoh dan warga masyarakat di Kelurahan Mareku dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu penyelenggara yang juga tokoh perempuan Mareku, Nurul Asnawiah yang ditemui setelah upacara berlangsung menyampaikan bahwa Upacara yang digelar adalah bentuk perhatian generasi Mareku dalam mengenang para pejuang Tidore terutama dua tokoh pengibaran bendera 18 Agustus 1946.Upacara diakhiri dengan ziarah dan doa bersama di makam kedua tokoh kunci pengibaran bendera pertama di Indonesia Timur tersebut.

mx346k91

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts